Wednesday, November 28, 2018

UTS_Ujian Tengah Semester "Laporan Produksi Geografi Materi Siklus Batuan dan Jenis-Jenis Batuan"


Ahmad hanif Priyono
NIM. 160721600902, Off K, Matakuliah Produksi Media Pembelajaran Geografi, Email: hanifahmad7769@gmail.com, Kamis, 11 Oktober 2018

Materi

Siklus Batuan dan Jenis-Jenis Batuan

Langkah pembuatan media

Dalam materi Siklus Batuan dan Jenis-Jenis Batuan, media yang akan dibuat adalah media dalam bentuk gambar dan media nyata yaitu batuan yang meliputi: Batuan Beku (diabas), Batuan Sedimen (Batu Rijang), Batuan Metamorf (Batu Serpentinit). Untuk media yang disajikan dalam bentuk gambar dibuat dengan menggunakan sofware power point.
Berikut langkah-langkah dalam pembuatan media Gambar ini yaitu:
1.       Langkah pertama yang dilakukan adalah pemilihan dan menentukan bahan ajar.
2.       Langkah berikutnya mengumpulkan bahan ajar yang telah ditentukan, bahan ajar ini diperoleh dari berbagai sumber seperti: buku, internet, dan jurnal. Bahan ajar yang dibutuhkan yaitu gambar jenis-jenis batuan yang meliputi batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf.
3.       Selanjutnya bahan ajar yang telah terkumpul diolah dan dilakukan editing. Proses editing yang dilakukan meliputi: Penataan gambar, penempatan pokok penjelasan materi, efek slide, dan efek instrumen suara yang ditampilkan pada setiap slidenya.
4.       Tahap berikutnya adalah uji coba media pembelajaran, tahap ini bertujuan untuk mengetahui apakah media pembelajaran sudah siap untuk digunakan. Apabila terdapat kekurangan maka dilakukan perbaikan sebelum media benar-benar siap digunakan.
5.       Tahap terakhir yaitu penggunana media dalam kegiatan pembelajaran

Manfaat dan sasaran

Manfaat

Manfaat Media Gambar dengan Power Point, pada materi Siklus Batuan dan Jenis-Jenis Batuan yaitu sebagai berikut:
1.       Meningkatkan pemahaman siswa terkait Siklus pembentukan batuan dan jenis-jenis batuan penyususn permukaan bumi. Melalui gambar dan pokok penjelasan yang ditampilkan pada slide mampu meningkatkan pemahaman siswa mengenai karakteristik dan jenis-jenis batuan.
2.       Meningkatkan Motivasi Belajar, dalam pembelajaran yang akan dilakukan guru tidak hanya menggukana media gambar akan tetapi juga menggunakan  media nyata yaitu Batuan Beku (Batu Diabas, Batu Grant, Batu gabro), Batuan Sedimen (Batu Kaonglomerat, Batu Breksi, Batu Rijang), Batuan Metamorf (Batu Serpentinit, Batu Sabak, dan Batu Marmer). Melalui media gambar yang dikombinasi dengan media nyata dapat menumbuhkan rasa minat yang tinggi bagi peserta didik, sehingga mereka sangat bersemangat untuk mempelajari materi yang disampaikan oleh guru. Selain itu juga Melalui media nyata yang disajikan oleh guru, maka siswa dapat secara langsung mengidentifikasi karakteristik pada setiap jenis batuan, sehingga siswa dapat mengkalasifikasikan batuan tersebut termasuk jenis Batuan Beku, Batuan Sedimen, atau batuan Metamorf.
3.       Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif, pada pembelajaran ini menggunaan model pembelajaran kooperatif yaitu: Group Investigation Learning. Siswa akan dibentuk menjadi beberapa kelompok kemudian disetiap kelompok akan diberikan satu jenis batuan dan lembar kerja kelompok. Kemudian setiap kelompok diperintahkan untuk mengidentifikasi karakteristik dari batuan tersebut, menganalisis proses terbentuknya, dan mengklasifikasikannya. Setelah diskusi dilakukan setiap kelompok diperintahkan untuk presentasi terkait hasil diskusi yang telah dilakukan di depan kelas. Dari hasil presentasi juga dilakukan sesi tanya jawab, dan sanggahan dari kelompok lain maupun dari guru untuk mnyeragamkan pemahaman. Dari kegiatan ini dapat ditunjukkan bahawa manfaat media juga dapat menjadikan pembelajaran di kelas lebih interaktif, komunikatif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan.

Sasaran

Media Gambar dengan Power Point dan Media Nyata dalam materi Lithosfer pada sub-materi Siklus Batuan dan Jenis –Jenis Batuan, diperuntukkan untuk kelas X semester 2.

Keunggulan dan kelemahan

keunggulan

Keunggulan dalam media ini yaitu:
1. Menggunakan media nyata yaitu berupa batuan penyususn permukaan bumi yang meliputi: Batuan Beku (Batu Diabas, Batu Grant, Batu gabro), Batuan Sedimen (Batu Kaonglomerat, Batu Breksi, Batu Rijang), Batuan Metamorf (Batu Serpentinit, Batu Sabak, dan Batu Marmer).
2. Menggunakan media gambar dengan Power Point, dalam media pembelajaran power point ini adalah setiap slide yang ditampilkan berisi gambar dengan animasi bergerak serta terdapat menu yang berisi jenis-jenis batuan yang dapat diklik, yang kemudian akan muncul penjelasan terhadap masing masing batuan penyususn permukaan bumi.
3. Media dapat diterapkan diberbagai sekolah meskipun belum tersedia fasilitas LCD khususnya pada media nyata yang berupa batuan

kelemahan

Kelemahan dalam media khususnya pada media Gambar dengan Power Point yaitu belum bisa diterapkan pada semua sekolah, karena hanya bisa diterapkan pada sekolah yang memiliki LCD. Seperti pada sekolah di wilayah tertinggal yang belum tersedia fasilitas pembelajaran khususnya LCD.

No comments:

Post a Comment