Wednesday, November 28, 2018

Tugas Pertemuan 5_RPP Materi Persebaran Flora dan Fauna di Dunia


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN PELAJARAN 2018-2019
Satuan Pendidikan 
: SMA
Sekolah                        
: SMA Negeri 1 Kepanjen
Mata Pelajaran           
: Geografi
Kelas/Semester           
: XI IIS / I
Materi Pokok            
: Persebaran Flora dan Fauna di Dunia
Alokasi Waktu            
: 2 x 45 menit 

A. KOMPETENSI INTI

1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. KOMPETENSI DASAR

1.2  Menghayati sebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia berdasarkan karakteristik ekosistem, sebagai karunia Tuhan Yang Maha Kuasa.
2.2  Menunjukkan perilaku jujur dan bertanggung jawab dalam menyajikan sebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia berdasarkan karakteristik ekosistem.
3.2  Sebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia berdasarkan karakteristik ekosistem
4.2 Mengomunikasikan sebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia berdasarkan karakteristik ekosistem dan region iklim dalam bentuk artikel ilmiah, makalah, atau bahan publikasi lainnya.

C. INDIKATOR

Menunjukkan persebaran flora di dunia beserta karakteristiknya.

D. TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik persebaran flora di dunia.
2.    Siswa dapat mengidentifikasi peta persebaran flora di dunia.

E. MATERI PEMBELAJARAN

Persebaran Flora di Dunia berdasarkan jenis Bioma di dunia, meliputi:
a.         Hutan hujan tropis
b.        Taiga
c.         Tundra
d.        Gurun
e.         Semak belukar berduri (Steppa)
f.         Padang rumput (Savana)
g.        Hutan gugur daun

F. METODE PEMBELAJARAN

Metode Pembelajaran                   : Ceramah, diskusi kelompok kecil, tanya jawab
                                                         latihan soal.
Pendekatan Pembelajaran             : Scientific
Model Pembelajaran                      : Team Games Tournament

G. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR

1.    Media  : Power Point berbasis Video
2.    Alat     : LCD, Laptop
3.    Sumber Belajar:
a)      Bambang Nianto Mulyo, Purwadi Suhandini. 2013. Geografi Untuk SMA X. Solo: Jatra Lestari.
b)      K. Wardiyatmoko. 2014. Geografi untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
c)      Buku-buku penunjang yang relevan.

H. KEGIATAN PEMBELAJARAN

a.       Kegiatan
Guru
Siswa
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1)      Memberikan salam, mengondisikan kelas (kebersihan dan kerapian), mengajak dan memimpin berdoa, menanyakan kondisi siswa dan mempresensi.
2)      Memberi motivasi pada siswa.
3)      Menyampaikan kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, metode, dan penilaian.
1)      Menjawab salam, merapikan tempat duduk dan menertibkan diri, berdoa, menjawab keadaan kondisinya, dan kehadirannya.
2)      Termotivasi Memperhatikan 
10 menit
Inti
Mengamati (Observing)
• Meminta siswa untuk mencermati sebaran flora di dunia berdasarkan karakteristik ekosistem dan region iklim.
• Mengamati, membimbing, dan menilai kegiatan siswa.
Menanya (Questioning)
• Meminta siswa untuk mengajukan pertanyaan
terkait sebaran flora di dunia yang belum dimengerti oleh siswa. 
• Mengamati, membimbing, dan menilai kegiatan siswa.
Mencoba/mengumpulkan informasi (Experimenting)
• Meminta siswa untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
• Mengamati, membimbing, dan menilai kegiatan siswa.
• Menjelaskan lebih lanjut sebaran flora di dunia.
Mengasosiasi/menganalisis informasi (Associating)
• Menampilkan peta dunia di depan kelas dan meminta beberapa siswa untuk  menunjukkan lokasi sebaran flora dan fauna di dunia, berdasarkan  informasi yang telah didapat/dipelajari.
• Mengamati, membimbing, dan menilai kegiatan siswa
Mengkomunikasikan (Comunicating)
Secara lisan menyampaikan informasi dan menyimpulkan apa yang telah ditunjukkan pada peta terkait sebaran flora dan fauna di dunia
Mengamati (Observing)
• Mengamati sebaran flora di dunia berdasarkan karakteristik ekosistem dan region iklim sesuai dengan penjelasan guru dan sumber dari bahan ajar dan sumber referensi lain yang lebih lengkap.
Menanya (Questioning)
• Mengajukan pertanyaan sebaran flora di dunia yang belum jelas.






Mencoba/mengumpulkan informasi (Experimenting)
• Mencoba menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
• Mendengarkan penjelasan guru dan mencatat hal-hal yang penting.
• Mendengarkan penjelasan guru dan mencatat hal-hal yang penting.
Mengasosiasi/menganalisis informasi (Associating)
• Maju dan menunjukkan lokasi sebaran flora dan fauna di dunia pada peta yang telah disediakan.



Mengkomunikasikan
(Comunicating)
Secara lisan menyampaikan informasi dan menyimpulkan apa yang telah ditunjukkan pada peta terkait sebaran flora dan fauna di dunia. 

70 menit
Penutup
• Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
• Mengajak dan mengarahkan siswa untuk mempelajari kembali halhal yang telah disampaikan oleh guru.
• Memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran
(mengajak dan memimpin berdoa untuk pelajaran terakhir)
• Bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
• Memperhatikan arahan guru dan menurutinya.
• Memperhatikan arahan guru (berdoa)
10 menit


Malang, 25 September 2018
Mengetahui
Dosen Pembimbing
Mahasiswa


Drs. Djoko Soelistijo, M.Si
NIP: 196206021987011001


Ahmad Hanif Priyono
NIM: 160721600902


1 comment:

  1. MGM Grand Casino - Mapyro
    Find the best MGM Grand Casino Hotels in Las 경주 출장마사지 Vegas, 구리 출장샵 NV, ranked by M life Rewards Members, reviews and 계룡 출장샵 more. Hotel deals on 아산 출장샵 M life 상주 출장안마 Rewards members.

    ReplyDelete