MATERI
Kompetensi Dasar: Dinamika
Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan.
Materi:
Siklus
Hidrologi
MEDIA
Power Point
|
RANCANGAN PEMBELAJARAN
tujuan
Tujuan dalam pembelajaran ini yaitu:
Mengidentifikasi
Komponen-Komponen Siklus Hidrologi.
Menjelaskan
Komponen-Komponen Siklus Hidrologi
metoda/model
Metode: ceramah, diskusi kelompok kecil, tanya jawab.
Model : Group Investigation
evaluasi
Media pembelajaran ini
digunakan untuk mengevaluasi pemahaman siswa, pemikiran siswa dan keaktifan
siswa terhadap materi dinamika
hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan,
khususnya pada sub-materi siklus air.
PENJELASAN MEDIAkreativitas
Media pembelajaran Power Point ini memiliki
nilai kreativitas yaitu animasi yang menarik, efek slide serta suara yang
mampu meningkatkan minat belajar siswa terhadap materi yang disampaikan.
Selain itu media pembelajaran ini juga didukung dengan penjelasan melalui dubbing suara yang dihasilkan,
sehingga dapat memudahkan guru dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran
mengajar. Dengan media ini diharapkan proses pembelajaran dapat berlangsung
secara interaktif dan menyenangkan, serta peningkatan pemahaman siswa terhadap
materi siklus hidrologi.
cara pembuatan
Cara pembuatan media ini yaitu dengan
memanfaatkan Sofware Microsoft Power Point sebagai perangkat utama untuk editing bahan ajar. Berikut
langkah-langkah dalam pembuatan media power point ini yaitu:
1. Langkah
pertama yang dilakukan adalah pemilihan serta menentukan bahan ajar.
2. Langkah
berikutnya mengumpulkan bahan ajar yang telah ditentukan, bahan ajar ini
diperoleh dari beragai sumber seperti: buku, internet, dan jurnal.
3. Selanjutnya
bahan ajar yang telah terkumpul diolah dan dilakukan editing.
4. Tahap
berikutnya adalah uji coba media pembelajaran, tahap ini bertujuan untuk
mengetahui apakah media pembelajaran sudah siap untuk digunakan.
5. Tahap
terakhir yaitu penggunana media dalam kegiatan pembelajaran
spesifik
Media pembelajaran ini lebih spesifik pada
penekanan audio-visual, yaitu penjelasan materi melalui slide yang
dikombinasi dengan gambar dan animasi bergerak serta pokok bahasan materi.
Selain itu media ini juga menekankan pada aspek audio (suara) yang dihasilkan
pada masing-masing slide yang di tampilkan.
TATA CARA PENGGUNAAN MEDIA
Adapun tata cara penggunaan media pembelajaran
Power Point yaitu:
1. Buka
Software Microsoft Office Power Point pada PC yang telah diinstal;
2. Selanjutnya
pilih file Media Pembelajaran Materi Hidrosfer Kelas X Semester 2 kemudian
buka file tersebut;
3.
Media
siap digunakan dalam proses pembelajaran;
4. Setelah
media dibuka, pada slide pertama akan disajikan sub materi yang akan
dipelajari, kemudian pada slide
kedua ditampilkan konsep
pengantar terkait siklus hidrologi.
5. Pada
slide ketiga akan disajikan ilustrasi bergerak dalam bentuk animasi, yang
dilengkapi dengan keterangan terkait komponen- komponen siklus hidrologi
dengan teknik hiperlink.
6. Pada
keterangan hiperlink yang disajikan
pada ilustrasi dalam bentuk animasi
bergerak ini, ketika diklik maka akan ditampilkan slide baru yang menjelaskan
terkait salah satu komponen dalam siklus hidrologi.
7. Setelah
salah satu komponen siklus hirologi diklik, maka akan ditampilkan animasi dan
ilustrasi yang menarik terkait komponen hidrologi tersebut. Misalnya salah
satu komponen siklus hidrologi adalah evaporasi, ketika komponen ini diklik
maka akan disajikan slide baru yang brerisi penjelasan terkait proses
evaporasi yang dilengkapi animasi dan suara dubbing yang dihasilkan.
Hal utama dalam media pembelajaran power point
ini adalah setiap slide yang ditampilkan berisi gambar dengan animasi
bergerak serta terdapat menu yang berisi komponen-komponen siklus hidrologi
yang dapat diklik, yang kemudian akan muncul penjelasan terhadap masing
masing komponen siklus hidrologi tersebut.
|
Wednesday, November 28, 2018
Tugas Pertemuan 4_Laporan Produksi Media Geografi Materi Siklus Hidrologi
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
-
KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan kekuatan, kemampuan, sert...
No comments:
Post a Comment