Wednesday, November 28, 2018

Tugas Pertemuan 4_Laporan Produksi Media Geografi Materi Siklus Hidrologi



 

 

MATERI

Kompetensi Dasar: Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap  Kehidupan.

Materi:
Siklus Hidrologi

MEDIA

Power Point

PRODUKSI MEDIA

Ahmad Hanif Priyono/160721600902/K

RANCANGAN PEMBELAJARAN

tujuan

Tujuan dalam pembelajaran ini yaitu:
Mengidentifikasi Komponen-Komponen Siklus Hidrologi.
Menjelaskan  Komponen-Komponen Siklus Hidrologi

metoda/model

       Metode: ceramah, diskusi kelompok kecil, tanya jawab.
           Model  : Group Investigation

evaluasi

Media pembelajaran ini digunakan untuk mengevaluasi pemahaman siswa, pemikiran siswa dan keaktifan siswa terhadap materi dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan, khususnya pada sub-materi siklus air.

PENJELASAN MEDIA

kreativitas

Media pembelajaran Power Point ini memiliki nilai kreativitas yaitu animasi yang menarik, efek slide serta suara yang mampu meningkatkan minat belajar siswa terhadap materi yang disampaikan. Selain itu media pembelajaran ini juga didukung dengan penjelasan melalui dubbing suara yang dihasilkan, sehingga dapat memudahkan guru dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran mengajar. Dengan media ini diharapkan proses pembelajaran dapat berlangsung secara interaktif dan menyenangkan, serta peningkatan pemahaman siswa terhadap materi siklus hidrologi.

cara pembuatan

Cara pembuatan media ini yaitu dengan memanfaatkan Sofware Microsoft Power Point sebagai perangkat utama untuk editing bahan ajar. Berikut langkah-langkah dalam pembuatan media power point ini yaitu:
1.  Langkah pertama yang dilakukan adalah pemilihan serta menentukan bahan ajar.
2.    Langkah berikutnya mengumpulkan bahan ajar yang telah ditentukan, bahan ajar ini diperoleh dari beragai sumber seperti: buku, internet, dan jurnal.
3.  Selanjutnya bahan ajar yang telah terkumpul diolah dan dilakukan editing.
4.   Tahap berikutnya adalah uji coba media pembelajaran, tahap ini bertujuan untuk mengetahui apakah media pembelajaran sudah siap untuk digunakan.
5.  Tahap terakhir yaitu penggunana media dalam kegiatan pembelajaran

spesifik

Media pembelajaran ini lebih spesifik pada penekanan audio-visual, yaitu penjelasan materi melalui slide yang dikombinasi dengan gambar dan animasi bergerak serta pokok bahasan materi. Selain itu media ini juga menekankan pada aspek audio (suara) yang dihasilkan pada masing-masing slide yang di tampilkan.

TATA CARA PENGGUNAAN MEDIA

Adapun tata cara penggunaan media pembelajaran Power Point yaitu:
1.    Buka Software Microsoft Office Power Point pada PC yang telah diinstal;
2.    Selanjutnya pilih file Media Pembelajaran Materi Hidrosfer Kelas X Semester 2 kemudian buka file tersebut;
3.      Media siap digunakan dalam proses pembelajaran;
4.   Setelah media dibuka, pada slide pertama akan disajikan sub materi yang akan dipelajari, kemudian pada slide  kedua ditampilkan konsep pengantar terkait siklus hidrologi.
5.  Pada slide ketiga akan disajikan ilustrasi bergerak dalam bentuk animasi, yang dilengkapi dengan keterangan terkait komponen- komponen siklus hidrologi dengan teknik hiperlink.
6.  Pada keterangan hiperlink yang disajikan pada ilustrasi dalam  bentuk animasi bergerak ini, ketika diklik maka akan ditampilkan slide baru yang menjelaskan terkait salah satu komponen dalam siklus hidrologi.
7.    Setelah salah satu komponen siklus hirologi diklik, maka akan ditampilkan animasi dan ilustrasi yang menarik terkait komponen hidrologi tersebut. Misalnya salah satu komponen siklus hidrologi adalah evaporasi, ketika komponen ini diklik maka akan disajikan slide baru yang brerisi penjelasan terkait proses evaporasi yang dilengkapi animasi dan suara dubbing yang dihasilkan.
Hal utama dalam media pembelajaran power point ini adalah setiap slide yang ditampilkan berisi gambar dengan animasi bergerak serta terdapat menu yang berisi komponen-komponen siklus hidrologi yang dapat diklik, yang kemudian akan muncul penjelasan terhadap masing masing komponen siklus hidrologi tersebut.

No comments:

Post a Comment