Wednesday, November 28, 2018

Tugas Pertemuan 4_RPP Materi Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN PELAJARAN 2018-2019

Satuan Pendidikan             : SMA Negeri 1 Malang
Mata Pelajaran                   : Geografi
Kelas/Semester                   : X / 2
Alokasi Waktu                    : 1  x  45 menit
Materi Pokok                      : Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan

I.            KOMPETENSI INTI:
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

II.            KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR:
Kompetensi Dasar
Indikator
3.7 Menganalisis dinamika hidrosfer dan       
      dampaknya terhadap kehidupan
4.7 Menyajikan proses dinamika hidrosfer     
      menggunakan peta, bagan, gambar, tabel,      
      grafik, video, dan/atauanimasi
3.7.1 Mengidentifikasi dan   
         Menganalisis Siklus air










III        INDIKATOR PENCAPAIAN
       Mengidentifikasi dan Menganalisis Komponen-Komponen Siklus Hidrologi.

IV.            TUJUAN PEMBELAJARAN
1)      Siswa mampu Mengidentifikasi Komponen-Komponen Siklus Hidrologi
2)      Siswa mampu Menjelaskan  Komponen-Komponen Siklus Hidrologi
     
V.            MATERI PEMBELAJARAN
      Pada pembelajaran materi Siklus Hidrologi, beberapa materi yang akan diajarkan yaitu sebagai berikut:
1.      Konsep Siklus Hidrologi
“Siklus hidrologi adalah sirkulasi air dari atmosfer ke bumi dan kembali lagi ke atmosfer melalui proses kondensasi, presipitasi, evaporasi dan transpirasI.”
2.      Komponen pembentuk Siklus Hidrologi:
a.       Transpirasi, yaitu air yang menguap dari permukaan daun tumbuhan.
b.      Evaporasi, yaitu air yang menguap dari tubuh perairan, baik perairan darat maupun perairan laut.
c.       Kondensasi, yaitu kumpulan uap air yang menjadi jenuh kemudian membentuk awan. Kondensasi terjadi disetiap siklus hidrologi.
d.      Prespitasi, yaitu turunnya hujan ke permukaan bumi dalam bentuk titik-titik air atau salju.
e.       Infiltrasi atau perlokasi merupakan proses meresapnya air hujan menjadi air tanah. Proses tersebut terbagi menjadi dua tahap yakni infiltrasi dan perlokasi. Tahap infiltrasi adalah meresapnya air hujan dari permukaan melalui pori-pori kedalam tanah. Tahap perlokasi adalah meresapnya air tanah baik secara vertikal maupun horizontal menuju garis permukaan tanah (water table).
f.       Aliran permukaan tanah (surface run off), yaitu sebagian air yang berada dipermukaan tanah baik dari aliran air hujan maupun air yang menggenang (danau, waduk, dan rawa). Selanjutnya air terakumulasi mengalir melalui sungai dan berakhir dilaut.
g.      Air tanah (Ground Water), merupakan air yang terdapat dalam lapisan tanah atau bebatuan di bawah permukaan tanah.

VI.            METODE PEMBELAJARAN:
Metode Pembelajaran                  : Ceramah, diskusi kelompok kecil, tanya jawab
                                                         latihan soal.
Pendekatan Pembelajaran             : Scientific
Model Pembelajaran                     : Group Investigation

VII.            LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
a.       Kegiatan
Alokasi Waktu
 Pendahuluan :
Guru memerintahkan ketua kelas untuk memimpin doa sebelum memulai pelajaran, menyapa siswa, kemudian presensi kehadiran.
15 menit
1)        Apersepsi:  Guru menayangkan media pembelajaran yaitu power point materi Siklus Hidrologi
2)        Guru memberikan motivasi belajar dalam pemahaman siklus hidrologi.
3)        Menyampaikan tujuan pembelajaran.
4)        Bertanya mengenai 8 komponen siklus hidrologi.

b.      Kegiatan Inti
20 menit
1.      Mengamati (Observing)
1)      Secara individu menyimak informasi mengenai Komponen-Komponen Siklus Hidrologi dari gambar yang ditampilkan oleh guru.
2.      Menanya (Questioning)
1)      Tanya jawab mengenai Komponen-Komponen siklus Hidrologi
3.      Pengumpulan data (Experimenting)
1)      Siswa diminta membentuk kelompok (4-5 siswa)
2)      Guru membagikan Lembar Kerja Kelompok
3)      Siswa berdiskusi mengenai Lembar Kerja Kelompok
4)      Guru memfasilitasi/membimbing/mengarahkan mengenai 8 komponen yang ada pada siklus hidrologi
4.      Mengasosiasi (Associating)
1)   Siswa menyimpulkan tentang hasil diskusi.
5.      Mengkomunikasikan (Communicating)
1)        Siswa menyampaikan hasil diskusi (presentasi)
2)        Memberikan penghargaan kepada kelompok siswa yang menyampaikan dengan baik materi yang sudah diterangkan oleh guru kepada teman yang lain.
3)        Memberikan penegasan pada materi yang harus dikuasai oleh siswa dan meluruskan jika ada salah pemahaman konsep materi Siklus Hidrologi.
4)        Guru bersama siswa menyimpulkan materi siklus hidrologi.

c.       Kegiatan Penutup :
10 menit
1)       Melakukan Evaluasi
2)       Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
3)       Guru memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan dirumah.
4)       Diakhiri dengan berdoa


VIII.            SUMBER, ALAT, DAN MEDIA:
A.     Sumber:
1)      Buku sumber : Danang Endarto, Sarwono dan Singgih Prihadi.2009. Geografi SMA jilid 1. Jakarta
2)      Bambang Nianto Mulyo, Purwadi Suhandini.2013. Geografi Untuk SMA X, Solo : Jatra Lestari
3)      Utaya, Sugeng. 2013. Hidrologi. Malang:Universitas Negeri Malang Press.
4)      Buku-buku penunjang yang relevan

B.     Alat :
1)      Laptop
2)      LCD/ Proyektor
C.     Media :
1)      Power Point yang dikombinasi dengan animasi dan dubbing mengenai maetri Siklus Hidrologi.
                                                                                   

Malang, 12 September 2018
Mengetahui
Dosen Pembimbing
Mahasiswa


Drs. Djoko Soelistijo, M.Si
NIP: 196206021987011001


Ahmad Hanif Priyono
NIM: 160721600902

                                                                                                           










No comments:

Post a Comment